DAFTAR ISI
A. PENDAHULUAN…………………………………………………………………………………………………1
a. Latar belakang……………………………………………………………………………………………1
b. Tujuan………………………………………………………………………………………………………..1
c. Manfaat………………………………………………………………………………………………………1
d. Perumusan masalah……………………………………………………………………………………1
e. Sistematika penulisan…………………………………………………………………………………1
B. PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………………………..2
a. Personalia : ………………………………………………………………………………………………..2
1. Pengembanngan karyawan………………………………………………………………………………………………….2
2. Penempatan……………………………………………………………………………………………2
3. Penggajian………………………………………………………………………………………………..2
b. Bidang permodalan : ………………………………………………………………………………………2
1. Sumber permodalan…………………………………………………………………………………3
2. Pengembangan modal………………………………………………………………………………3
c. Bidang keuangan : ………………………………………………………………………………………….3
1. Sistem pembukuan……………………………………………………………………………………
d. Promosi : …………………………………………………………………………………………………………
1. Penempatan produk…………………………………………………………………………………
2. Karakteristik produk…………………………………………………………………………………
3. Organisasi pemasaran………………………………………………………………………………
4. Proses produksi………………………………………………………………………………………
e. Pemasaran : ……………………………………………………………………………………………………
1. Penetapan harga………………………………………………………………………………………
2. Promosi penjualan…………………………………………………………………………………
3. Organisasi pemasaran………………………………………………………………………………
4. Penelitian pasar………………………………………………………………………………………
f. Bidang perkantoran : ………………………………………………………………………………………
1. Lokasi perusahaan………………………………………………………………………………………
2. Tata ruang………………………………………………………………………………………………………
g. Bidang pergudangan : …………………………………………………………………………………………
1. Tata ruang gudang…………………………………………………………………………………………
2. Susunan barang dalam gudang………………………………………………………………………
3. Sistem penyimpanan……………………………………………………………………………………
4. Penerimaan dan pengeluaran………………………………………………………………………
C. PENUTUP…………………………………………………………………………………………………………………
1. Kesimpulan……………………………………………………………………………………………………
2. Saran………………………………………………………………………………………………………………
LAPORAN USAHA COUNTER
“QUEEN SHAFA CELL”
Jl. Sentono landean no. 9
Email : shasavitri@yahoo.co.id
Blogs : Queenshafa.blog.com
NAMA : SAFITRI NUR AFIFAH
KELAS : XII- BAHASA
No. Absen : 19
UPTD SMAN 1 GROGOL KABUPATEN KEDIRI
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum WR. WB.
Puji syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT atas berkah dan rahmat-nya penulis telah berhasil menyusun makalah tentang “ Counter ” yang semoga bermanfaat bagi para pembacanya, khususnya di kalangan pelajar.
Penulis menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat kekurangan sehingga kritik dan saran yang membangun sangatlah penulis harapkan guna melengkapi makalah ini .
Akhir kata, Makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca, baik siswa maupun masyarakat sebagai tambahan wawasan pengetahuan.
Kediri, 2 maret 2012
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Desa bakalan memang ramai dilewati banyak kendaraan, akan tetapi masih ada kekurangan dibalik keramaian itu. Kekurangan tesebut ialah dalam mencari counter pulsa, dari derah bakalan barat hingga timur jarang ditemukan counter pulsa. Hingga mengkibatkan masyarakat desa bakalan kesulitan mencari pulsa, mereka malah membeli pulsa yang jauh dari jarak rumahnya.
Kini terfikir untuk membuka peluang usaha counter pulsa. Dan memudahkan orang yang ada didesa bakalan maupun orang yang melewatinya mudah mencari counter pulsa. Hal ini merupakan simbiosis mutualisme yang artinya saling meguntungkan satu pihak ke pihak lain. Dengan mempersiapkan modal yang cukup, pengusaha bisa mengatur bagaimana cara usaha yang baik. Tidak hanya itu, pengusaha juga harus memiliki daya kreatifitas dan inovasi yang baik sehingga konsumen merasa puas dengan apa yang diberikan oleh pengusha.
1.2 Tujuan
Tujuan dari laporan usaha ini adalah :
Memberi tambahan pengetahuan dalam berwirausaha.
Memberitahukan masyarakat kemudahan agar mereka mencapai keinginannya.
Menambah wawasan tentang usaha counter.
Laporan ini sebagai wawasan baru bagi pembaca.
1.3 Manfaat
Masyarakat memiliki referensi baru.
Memanfaatkan suatu peluang usaha sebagai bahan kinerja.
Pembaca mengetahui bagaimana proses menjalankan usaha.
Mempunyai pengalaman usaha pribadi.
1.4 Perumusan Masalah
• Apa yang menjadi masyarakat membeli pulsa dengan jarak jauh dari rumah?
• Bagaimana cara mengatasi masalah tersebut?
1.5 Sistematika Penulisan
BAB II
PEMBAHASAN
A. PERSONALIA
1. PENGEMBANGAN KARYAWAN
BAGIAN TUGAS
Administrator Mengatur pengeluaran dan pemasukan uang
Karyawan 1 Melayani konsumen
Karyawan 2 Meneliti barang dan mencatat barang yg sudah habis
2. PENEMPATAN
Usaha ini bertempat sangat strategis, berada diwilayah yang memiliki peluang usaha pasti. Tempat yang
3. PENGGAJIAN
BAGIAN GAJI/ BULAN
Administrator Rp. 400.000.,
Karyawan 1 Rp. 250.000.,
Karyawan 2 Rp. 250.000.,
B. BIDANG PERMODALAN
a. Sumber permodalan
Awal modal usaha ini diperoleh dari uang tabungan pribadi. Yang semula uang tersebut digunakan untuk membeli keperluan usaha.
b. Pengembangan modal
Pengembangan untuk modal, saya mengadakan suatu promosi di sebuah blog saya. Kemudian ada salah seorang yang ingin bergabung dengan usaha saya, sehingga modal dikelola ini dirundingkan bersama.
c. Penggunaan dana
Dana yang digunakan hasil dari gabungan usaha saya dengan orang lain. Dan ini dipakai untuk keperluan pembelian barang.
d. Pengaturan dana
Sisa dana dari pembelian barang, akan disimpan untuk keperluan mendatang. Sehingga masih memiliki simpanan dana.
C. BIDANG KEUANGAN
a. Sistem pembukuan
Sistem Pembukuan
PENERIMAAN
• Per bulan Rp. 2.740.000.,
PENGELUARAN
• Per bulan Rp. 1.500.000.,
KEUNTUNGAN Rp. 1.240.000.,
D. PROMOSI
a. Penempatan produk
produk ini akan ditempatkan diwilayah yang strategis, dekat dengan jalan raya dan jagkauan dekat untuk ditempuh.
b. Karakteristik produk
Jenis Macam
Perdana hp IM3, XL, AXIS, AS, SIMPATI, FLEXI, MENTARI
Memory hp M2, MMC, MICRO
Pulsa IM3, XL, AXIS, AS, SIMPATI, FLEXI, MENTARI
Accesories Gantungan hp, kantong hp, sticker, screenguard
c. Proses produksi
Memasok barang ditempat/ kios langganan.
Memiliki tempat langganan untuk memesan barang.
E. PEMASARAN
Pemasaran dilakukan di sekitar jalan dekat counter, sehingga pembeli mengetahui letak penjualan pulsa, dsb.
a. Penetapan harga
Jenis Harga perdana nomor cantik Nomor biasa Harga Pulsa
IM3 9000 3500 6rb, 11rb, 21rb, 50.500.dst
AXIS 6000 2500 6rb, 11rb, 21rb, 50.500.dst
SIMPATI 5500 3000 6rb, 11rb, 21rb, 50.500.dst
AS 7000 3500 6rb, 11rb, 21rb, 50.500.dst
XL 8000 3000 6rb, 11rb, 21rb, 50.500.dst
FLEXI 7000 4000 6rb, 11rb, 21rb, 50.500.dst
MENTARI 8500 3000 6rb, 11rb, 21rb, 50.500.dst
b. Promosi penjualan
Promosi penjualan disebarkan melalui akun facebook, twitter, blogs, dan email. Cara ini menghemat biaya dan lebih praktis.
c. Organisasi pemasaran
Struktur organisasi yang berperan adalah pemilik usaha. Sekaligus mengatur bagaimana cara agar usaha tetap dikenal oleh masyarakat dengan baik.
d. Penelitian pasar
Pengamatan terhadap situasi sekitar tidak begtu mengkhawatirkan adanya persaingan, karena tempat ini sangat jarang ada yang menjual pulsa. Dan ini sangat memungkinkan usaha akan berjalan dengan lancar.
F. BIDANG PERKANTORAN
a. Lokasi perusahaan
Lokasi usaha terletak di jalan sentono landean, hadap utara. Ada nama perusahaan yang terpampang didepan counter, yang namanya “QueenSafa Cell”. Lokasi yang dipilih sangat strategis.
b. Tata ruang
G. BIDANG PERGUDANGAN
Bidang pergudangan ada dibelakang toko, ada tempat tersendiri untuk meletakkan barang yang elum siap untuk dijual/ cadangan barang.
TATA RUANG GUDANG :
a. Lemari 1
b. Lemari2
Susunan barang dalam gudang
a. Lemari 1 : digunakan untuk menyimpan perdana.
b. Lemari2 : digunakan untuk menyimpan accessories.
Sistem penyimpanan
Barang disimpan secara teratur, rapi, dan tidak berantakan. Sehingga mudah untuk dicari dan diambil.
Penerimaan dan pengeluaran
Apabila barang yang diminta konsumen tidak ada, maka masih ada persediaan didalam gudang. Dan jika persediaan sudah habis, baru pengeluaran dana untuk membeli barang baru lagi.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas wirausaha, yang menganalisa tentang usaha counter. Usaha counter ini memiliki
B. SARAN :
a. Usaha ini menguntungkan bagi anda. Karena selain praktis dalam usaha, kita juga menghemat tenaga.
b. Peluang usaha ini sangat besar, anda tinggat mengatur bagaimana mencari tempat yang strategis agar pelanggan anda tetap nyaman.
Senin, 19 Maret 2012
usaha
21.50
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar