www.matematika-sma.com - 1
3. SOAL-SOAL PERSAMAAN DAN
FUNGSI KUADRAT
EBTANAS2002
1. Hasil kali akar-akar persamaan kuadrat 2x 2
- 4x + 6
= 0
adalah…..
A. 3 B.2 C.
2
1 D. -
2
1 E. -2
jawab :
persamaan umum kuadrat ax 2
+bx + c = 0
x 1 dan x 2 adalah akar-akar persamaan kuadrat.
x 1 + x 2 = -
a
b ; x 1 . x 2 =
a
c ;
soal di atas yang ditanya adalah perkalian akar-akar:
x 1 . x 2 =
a
c =
2
6 = 3
jawabannya adalah A
EBTANAS2003
2. Persamaan kuadrat ( k + 2 )x 2
- ( 2k - 1) x + k – 1 = 0
mempunyai akar-akar nyata dan sama. Jumlah kedua
akar persamaan tersebut adalah….
A.
8
9 B.
9
8 C.
2
5 D.
5
2 E.
5
1
jawab:
Persamaan kuadrat mempunyai akar-akar nyata dan
sama berarti D = 0
D = b 2
- 4.a.c
D = 0
{- (2k -1) } 2
- 4. (k+2).(k-1) = 0
(4k 2
- 4k + 1) – 4 (k 2
+ k – 2 ) = 0
4k 2
- 4k + 1 – 4k 2
- 4k + 8 = 0
- 8k + 9 = 0
8k = 9
k =
8
9
Jumlah kedua akar-akar:
x 1 + x 2 = -
a
b
x 1 + x 2 = -
a
b = -
2
)12(
+
−−
k
k =
2
12
+
−
k
k
=
2
8
9
1
8
9.2
+
−
=
8
169
8
818
+
−
=
25
10 =
5
2
jawabannya adalah D
EBTANAS2002
3. Persamaan kuadrat x 2
+ (m-2)x + 9 = 0, akar-akar
nyata. Nilai m yang memenuhi adalah….
A. m ≤ -4 atau m ≥ 8
B. m ≤ -8 atau m ≥ 4
C. m ≤ -4 atau m ≥ 10
D. -4 ≤ m ≤ 8
E. -8 ≤ m ≤ 4
Jawab:
Akar-akar nyata maka D ≥0
(m-2) 2
- 4. 1. 9 ≥0
m 2
- 4m + 4 – 36 ≥ 0
m 2
- 4m – 32 ≥ 0
(m + 4 ) (m- 8 ) ≥ 0
untuk D =0 didapat m = -4 atau m = 8
untuk D ≥0, uji dengan grafik garis
+++ ----------------------------------------- +++
• • • • • • • • • • • • • • • •
-4 0 8
Nilai-nilai yang memenuhi adalah yang bertanda ++
yaitu m ≤ -4 atau m ≥ 8
Jawabannya adalah A
UN2004
4. Persamaan kuadrat yang akar-akarnya 5 dan -2
adalah:
A. x 2
+ 7x + 10 = 0
B. x 2
+ 3x - 10 = 0
C. x 2
- 7x + 10 = 0
D. x 2
- 3x – 10 = 0
E. x 2
+ 3x + 10 = 0
www.matematika-sma.com - 2
Jawab:
Rumus persamaan umum kuadrat:
x 2
- (x 1 + x 2 ) x + x 1 . x 2 = 0
x 2
- (5 - 2) x + 5 .(-2) = 0
x 2
- 3 x - 10 = 0
jawabannya adalah D
EBTANAS 1999
5. Akar-akar persamaan kuadrat x 2
- 5 x - 3 = 0
adalah x 1 dan x 2 . Persamaan kuadrat yang akar-
akarnya x 1 -1 dan x 2 - 1 adalah...
A. x 2
- 3x - 7 = 0
B. x 2
-5x - 7 = 0
C. x 2
- 7x - 7 = 0
D. x 2
- 3x + 3 = 0
E. x 2
- 7x + 3 = 0
jawab:
x 1 + x 2 = -
a
b = -
1
5− = 5
x 1 . x 2 =
a
c = - 3
persaman kuadrat dengan akar-akar x 1 -1 dan x 2 - 1 :
x 2
- (x 1 - 1+ x 2 -1 ) x + (x 1 -1) .( x 2 -1) = 0
x 2
- (x 1 + x 2 - 2 ) x + x 1 . x 2 - (x 1 + x 2 ) + 1 = 0
masukkan nilai-nilainya :
x 2
- (5-2) x - 3 – 5 + 1 = 0
x 2
- 3 x - 7 = 0
jawabannya adalah A
EBTANAS1986
6. Grafik di bawah ini berbentuk parabola dengan
persamaan ….
A. y = x 2
- 4x + 3
B. y = x 2
- 4x - 3 = 0
C. y = x 2
+ 4x + 4
D. y = -x 2
- 4x +3
E. y= - x 2
+ 4x – 3
jawab:
Dari gambar terlihat bahwa titik potong dengan
sumbu x di titik (1,0) dan (3,0) serta memotong di
titik (0,3)
Persamaan yang memotong di titik (1,0) dan (3,0)
adalah y = a (x - 1x ) ( x - 2x )
dengan memasukkan nilai x 1 dan x 2 didapat :
y = a (x – 1)(x-3)
y = a (x 2
- 4x + 3)
= ax 2
- 4ax + 3a
a dicari dengan bantuan titik (0,3)
jika x=0 maka y =3
masukkan nilai tersebut:
y = ax 2
- 4ax + 3a
3 = 3a
a = 1
Sehingga persamaan grafiknya adalah
y = x 2
- 4x + 3
Jawabannya adalah A
www.matematika-sma.com - 3
EBTANAS SMA2002
7. Suatu fungsi kuadrat f(x) mempunyai nilai
maksimum 5 untuk x = 2, sedangkan f(4) = 3.
Fungsi kuadrat tersebut adalah…..
A. f(x) = -
2
1 x 2
+ 2x + 3
B. f(x) = -
2
1 x 2
- 2x + 3
C. f(x) = -
2
1 x 2
- 2x – 3
D. f(x) = - 2 x 2
- 2x + 3
E. f(x) = - 2 x 2
+ 8x – 3
Jawab:
titik yang diketahui adalah titik maksimum di titik (2,5)
persamaan fungsi kuadratnya :
y = a (x - px ) 2
+ py
= a (x – 2) 2
+ 5
= a (x 2
- 4x +4) + 5
= ax 2
- 4ax + 4a+5
a dicari dengan bantuan fungsi y=f(4) = 3
apabila x =4 maka y =3
masukkan ke dalam persamaan:
y=f(x) = ax 2
- 4ax + 4a+5
3 = 16.a – 16a + 4a+5
-2 = 4a
a = -
2
1
sehingga fungsi kuadratnya :
y= ax 2
- 4ax + 4a+5
= -
2
1 x 2
+ 2x + 3
jawabannya adalah A
EBTANAS1998
8. Daerah hasil fungsi f(x)= x 2
-2x - 3 untuk daerah asal
{x | -1 ≤ x ≤ 4, x ∈R }. Dan y=f(x) adalah…..
A. {y| -5 ≤y ≤0, y ∈ R }
B. {y| -4 ≤y ≤4, y ∈ R }
C. {y| -4 ≤y ≤5, y ∈ R }
D. {y| 0 ≤y <5, y ∈ R }
E. {y| 0 ≤y <11, y ∈ R }
Jawab:
Untuk menjawab soal ini, kita perlu membuat grafiknya agar
terlihat batas-batasnya.
- langkah 1
tentukan titik puncaknya.
cari x puncak (x p ) dari f(x)= x 2
-2x - 3
x p =
a
b
2
− = -
1.2
2− = 1
y p = f(1) = 1 – 2 – 3 = -4
Didapat titik puncak (1,-4)
- langkah 2
masukkan nilai-nilai daerah asal untuk
x = -1 dan x = 4
f(-1) = 1 + 2 – 3 = 0
f(4) = 16 -8 – 3 = 5
- langkah 3
gambar grafik
titik puncak (1,-4)
titik-titik (-1,0), (4,5)
Terlihat daerah hasil -4 ≤y ≤5
Jawabannya adalah C
www.matematika-sma.com - 4
EBTANAS 1992
10. Grafik fungsi kuadrat yang persamaannya adalah
y = 6 +px – 5x 2
memotong sumbu x. Salah satu titik
potongnya adalah (-2,0), mak p = ….
A. -13 C. 6 E. 13
B. -7 D. 7
jawab :
y = 6 +px – 5x 2
, memotong di sumbu x
memotong di sumbu x jika y=0
masukkan nilai di titik (-2,0)
0 = 6 -2p -20
2p = 6 – 20
2p = -14
p = -7
jawabannya adalah B
UMPTN1993
9. Grafik fungsi f(x)= ax 2
+bx +c seperti gambar berikut,
jika b 2
- 4ac > 0dan ….
A. a > 0 dan c > 0 D. a <0 dan c<0
B. a > 0 dan c <0 E. a > 0 dan c = 0
C. a<0 dan c>0
jawab :
teori:
x 1 . x 2 > 0 Æ x 1 dan x 2 (kedua-duanya positif atau
negatif)
( + kali + atau – kali – adalah > 0)
x 1 . x 2 < 0 Æ x 1 dan x 2 berlainan ( positif dan negatif)
(+ kali – adalah < 0)
Terlihat pada gambar adalah a > 0 dan D >0
tinggal mencari c nya.
diketahui juga kedua titik potong di sb x mempunyai nilai
yang berlainan sehingga x 1 . x 2 < 0
x 1 . x 2 =
a
c < 0 maka c < 0 (
a
c =
+
c < 0 maka c harus -
atau < 0)
Jawabannya a > 0 dan c <0 Æ B
Jumat, 13 April 2012
mm
19.30
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar