Pages

Rabu, 07 Maret 2012

timor-timor

Timor Timur
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Republik Demokratik Timor-Leste
Republika Demokrátika Timor-Leste [1] (bahasa Tetun)
República Democrática de Timor-Leste (Portugis)
    
Bendera
Lambang


Motto: "Unidade, Acção, Progresso"    ( Portugis )
("Persatuan, Tindakan, Kemajuan")
Lagu kebangsaan: Patria


Modal
(Dan kota terbesar)     Dili
8 ° 34'S 125 ° 34'E

Resmi bahasa (s)     Tetum dan Portugis 1

Bekerja bahasa     Bahasa Indonesia dan Inggris [2]

Demonym
Timor Timur
Pemerintah
Kesatuan parlemen demokrasi dan Demokrat republik

-     Presiden
José Ramos-Horta

-     Perdana Menteri
Xanana Gusmão

Kemerdekaan     dari Portugal , Indonesia ²

-     Mapan
1702
-     Dideklarasikan     November 28, 1975
-     Pulih     20 Mei 2002
Daerah

-     Total     14.874 km 2 ( 159 )
5.743 sq mi
-     Air (%)     diabaikan
Populasi

-     2010 perkiraan     1.066.582 [3] ( 155 )

-     Kepadatan     76.2/km 2 ( 132 )
197.4/sq mil
PDB ( PPP )
2011 perkiraan
-     Total     $ 3355000000 [4]

-     Per kapita     $ 3.071 [4]

PDB (nominal)
2011 perkiraan
-     Total     $ 709,000,000 [4]

-     Per kapita     $ 648 [4]

IPM
 0,502 (menengah) ( 120 )

Mata uang     US $ ³ ( USD )

Zona waktu     ( UTC +9)

Drive pada     meninggalkan
Internet TLD
Tl. 4

Kode telepon
+670

1     15 lebih lanjut "bahasa nasional" yang diakui oleh konstitusi.
2     Indonesia menginvasi Timor Timur pada tanggal 7 Desember 1975 dan meninggalkan tahun 1999.
3     Koin centavo juga digunakan.

4     Tp. sedang dihapus.

Para Republik Demokratik Timor Leste (timɔr lɛʃteɪ), umumnya dikenal sebagai Timor Timur  i / i ː ˌ t t i ː m ɔr / ( Tetum : Timor Lorosae, Portugis : Timor Leste), adalah negara berdaulat di Asia Tenggara . [catatan A] Ini terdiri dari bagian timur pulau Timor , pulau-pulau terdekat Atauro dan Jaco , dan Oecusse , sebuah eksklave di sisi barat laut pulau itu, dalam bahasa Indonesia Timor Barat . Negara kecil 15.410 km ² [5] (5.400 mil persegi) terletak sekitar 640 km (400 mil) barat laut Darwin, Australia .
Timor Timur dijajah oleh Portugal pada abad ke 16, dan dikenal sebagai Timor Portugis sampai dekolonisasi Portugal negara. Pada akhir 1975, Timor Timur mendeklarasikan kemerdekaannya, tetapi kemudian tahun itu diserbu dan diduduki oleh Indonesia dan dinyatakan propinsi ke-27 di Indonesia tahun berikutnya. Pada tahun 1999, setelah PBB yang disponsori tindakan penentuan nasib sendiri, Indonesia melepaskan kontrol wilayah dan Timor Timur menjadi yang pertama baru negara berdaulat abad ke-21 pada 20 Mei 2002. Timor Timur adalah salah satu dari hanya dua yang didominasi Katolik Roma negara di Asia, yang lainnya adalah Filipina .
Timor Timur memiliki ekonomi yang lebih rendah-menengah. [6] Hal ini terus menderita efek samping dari beberapa dekade selama perjuangan kemerdekaan melawan Indonesia , yang rusak infrastruktur dan ribuan pengungsi warga sipil. Hal ini ditempatkan 120 dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
Isi
 [hide]
•    1 Nama
•    2 Sejarah
•    3 Politik
•    4 Pembagian administratif
•    5 Geografi
•    6 Ekonomi
•    7 Demografi
o    7.1 Agama
o    7,2 Bahasa
o    7,3 Pendidikan
o    7,4 Kesehatan
•    8 Budaya
o    8.1 Olahraga
•    9 Hari Libur
•    10 Lihat juga
•    11 Catatan dan referensi
•    12 Bibliografi
•    13 Pranala luar

Nama
"Timor" berasal dari timur, kata untuk "timur" dalam bahasa Indonesia dan Melayu , yang menjadi Timor Portugis dan masuk Inggris sebagai Timor Portugis. Lorosa'e (lit "matahari terbit") adalah kata untuk "timur" dalam bahasa Tetum.
Nama-nama resmi berdasarkan Konstitusi adalah República Democrática de Timor-Leste dalam bahasa Portugis (diucapkan: [timoɾ lɛʃtɨ] ) dan Republika Demokrátika Timor-Leste dalam bahasa Tetum. The indonesian nama Timor Timur, disingkat Timtim, sekarang kurang banyak digunakan, dengan pemerintah Indonesia dan media sekarang menggunakan Timor Leste.
The International Organization for Standardization (ISO) bentuk pendek resmi dalam bahasa Inggris dan semua bahasa lain adalah Timor-Leste (Kode: TLS & TL), yang telah diadopsi oleh PBB, [7] Uni Eropa, [8] dan nasional standar organisasi dari Perancis ( AFNOR ), Amerika Serikat ( ANSI ), [9] Inggris ( BSI ), Jerman ( DIN ) dan Swedia ( SIS ). Sebuah pengecualian untuk praktik ini adalah Australia, yang menggunakan "Timor Timur".
Mantan pulau itu dua huruf kode negara, TP, secara bertahap sedang dihapus.
Sejarah
Artikel utama: Sejarah Timor Timur
Hal ini diyakini bahwa keturunan dari setidaknya tiga gelombang migrasi masih tinggal di Timor Timur. Yang pertama adalah terkait dengan pokok Australoid kelompok asli Nugini dan Australia, dan tiba sebelum 40.000 tahun lalu. Sekitar 3000 SM, bangsa Austronesia bermigrasi ke Timor, dan diduga terkait dengan pembangunan pertanian di pulau itu. [ rujukan? ] Ketiga, proto- Melayu tiba dari China selatan dan utara Indochina . [10] Sebelum kolonialisme Timor yang termasuk dalam jaringan perdagangan Cina dan India, berada di abad ke-14 pengekspor aromatik cendana , budak , madu dan lilin . Awal laporan penjelajah Eropa bahwa pulau memiliki sejumlah chiefdom kecil atau princedoms di awal abad 16.


Timor Portugis Senjata (1935-1975) [11]
Para Portugis mendirikan pos-pos di Timor dan Maluku . Pendudukan Eropa Efektif sebagian kecil dari wilayah ini dimulai pada 1769, ketika kota Dili didirikan dan koloni Timor Portugis diumumkan. [12] Sebuah perbatasan definitif antara bagian barat Belanda menjajah pulau dan bagian timur Portugis dijajah pulau didirikan oleh Perjanjian Den Haag tahun 1916, dan tetap batas internasional antara penerus negara Timor Leste dan Indonesia . Untuk Portugis, Timor Timur tetap sedikit lebih dari sebuah pos perdagangan diabaikan hingga akhir abad kesembilan belas, dengan investasi minimal di bidang infrastruktur, kesehatan, dan pendidikan. Cendana tetap tanaman ekspor utama dengan ekspor kopi menjadi signifikan dalam pertengahan abad kesembilan belas. Di tempat di mana Portugis aturan itu menegaskan, hal itu cenderung brutal dan eksploitatif. [13]
Pada awal abad kedua puluh, ekonomi rumah goyah diminta Portugis untuk mengambil kekayaan yang lebih besar dari koloni, yang disambut dengan perlawanan Timor. [13] Selama Perang Dunia II, Dili diduduki Jepang, dan pegunungan menjadi TKP dari gerilya kampanye, yang dikenal sebagai Pertempuran Timor . Dilancarkan oleh Sekutu pasukan dan relawan Timor melawan Jepang, perjuangan mengakibatkan kematian antara 40.000 dan 70.000 orang Timor. [14] Setelah akhir perang, Portugis kontrol kembali.
Proses dekolonisasi dihasut oleh Portugis tahun 1974 revolusi melihat Portugal secara efektif meninggalkan koloni Timor Timur. Sebuah perang saudara antara pendukung partai politik Timor, Fretilin dan UDT , pecah pada tahun 1975 sebagai UDT mencoba kudeta yang Fretilin menolak dengan bantuan militer Portugis lokal. [15] Kemerdekaan sepihak menyatakan pada tanggal 28 November 1975. [ rujukan? ] Pemerintah Indonesia adalah takut negara komunis independen di dalam kepulauan Indonesia, dan pada puncak Perang Dingin, pemerintah Barat yang mendukung posisi Indonesia. Militer Indonesia melancarkan invasi besar-besaran di Timor Timur pada bulan Desember 1975. Indonesia menyatakan Timor Timur sebagai provinsi ke-27 pada tanggal 17 Juli 1976. [16] Dewan Keamanan PBB menentang invasi dan status nominal wilayah itu di PBB tetap "wilayah non-pemerintahan sendiri di bawah administrasi Portugis."


Demonstrasi untuk kemerdekaan dari Indonesia.
Pendudukan Indonesia di Timor Timur ditandai oleh kekerasan dan kebrutalan. Sebuah laporan statistik rinci dipersiapkan untuk Komisi Penerimaan, Kebenaran dan Rekonsiliasi di Timor Timur dikutip minimal terikat dari 102.800 kematian terkait konflik di periode 1974-1999, yaitu, sekitar 18.600 pembunuhan dan 84.200 'kelebihan' kematian akibat kelaparan dan penyakit. [17] Timor Timur gerilya kekuatan, Falintil , berjuang kampanye melawan pasukan Indonesia dari 1975-1999. Tahun 1991 Pembantaian Dili adalah titik balik untuk penyebab kemerdekaan secara internasional, dan Timor Timur gerakan solidaritas tumbuh di Portugal, Australia, dan Amerika Serikat.
Setelah pengunduran diri Presiden Indonesia Soeharto , perjanjian yang disponsori PBB antara Indonesia dan Portugal diperbolehkan untuk PBB yang diawasi populer referendum pada bulan Agustus 1999. Suara yang dihasilkan jelas kemerdekaan disambut dengan kampanye hukuman kekerasan dengan Timor milisi pro-integrasi dengan dukungan dari unsur-unsur militer Indonesia (artikel utama referendum 1999 ). Sebuah Australia internasional pimpinan pasukan penjaga perdamaian, INTERFET , dikirim (dengan izin Bahasa Indonesia) sampai pesanan dikembalikan. Pemerintahan Timor Leste diambil alih oleh PBB melalui Administrasi Transisi PBB di Timor Timur (UNTAET) pada bulan Oktober 1999. [18] Penyebaran INTERFET berakhir pada bulan Februari 2000 dengan pengalihan komando militer ke PBB. [19] kemerdekaan Timor Timur ini diresmikan pada 20 Mei 2002 dengan Xanana Gusmão dilantik sebagai Presiden pertama negara itu. Timor Timur menjadi anggota PBB pada tanggal 27 September 2002.
Pada bulan Juni 2006, Perdana Menteri Mari Alkatiri mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri, [20] dan José Ramos-Horta diangkat sebagai penggantinya. [21] Tahun berikutnya, Gusmão menolak istilah lain presiden dan dalam membangun-sampai dengan April 2007 presiden pemilu ada yang diperbaharui wabah kekerasan. José Ramos-Horta terpilih Presiden dalam pemilu Mei 2007. [22] Ramos-Horta luka parah dalam percobaan pembunuhan pada Februari 2008. Perdana Menteri Gusmao juga menghadapi tembakan secara terpisah tetapi lolos tanpa cedera. Bala bantuan Australia itu segera dikirim untuk membantu menjaga ketertiban. [23]
Pada tahun 2006, PBB mengirimkan pasukan keamanan untuk memulihkan ketertiban ketika kerusuhan dan pertempuran antar faksi dipaksa 15 persen dari populasi (155.000 orang) untuk meninggalkan rumah mereka. Pada bulan Maret 2011, kontrol tangan-off PBB operasional kepolisian kepada pihak berwenang Timor Timur, tetapi lebih dari 1.200 petugas polisi PBB masih melakukan patroli di jalan. Setelah pemilihan presiden 2012, misi dijadwalkan sampai akhir. [24]
Politik


José Ramos-Horta, Presiden Timor Timur sekarang.
Artikel utama: Politik di Timor Timur


Pemerintah Istana di Dili.
Para kepala negara Timor Leste adalah Presiden Timor Timur , yang dipilih melalui pemilu untuk masa jabatan lima tahun. Meskipun peran merupakan simbolis, presiden memang memiliki hak veto atas beberapa jenis undang-undang. Setelah pemilu, presiden menunjuk pemimpin partai mayoritas atau mayoritas koalisi sebagai Perdana Menteri Timor Timur . Sebagai kepala pemerintahan , perdana menteri memimpin Dewan Negara atau kabinet.
Para unikameral Timor parlemen adalah Parlemen Nasional atau Parlamento Nacional, yang anggotanya dipilih melalui pemilu untuk masa jabatan lima tahun. Jumlah kursi dapat bervariasi dari minimal lima puluh dua sampai maksimal enam puluh lima, meskipun sangat memiliki delapan puluh delapan anggota pada saat ini, karena ini menjadi istilah pertama dari kantor. Timor Timur konstitusi dimodelkan pada Portugal. Negara ini masih dalam proses membangun pemerintahan dan lembaga pemerintah.
Departemen pemerintah termasuk Policia Nacional de Timor-Leste (polisi), Timor Timur Kementerian Negara dan Administrasi Internal, Divisi Penerbangan Sipil Timor Leste dan Departemen Imigrasi Timor Leste.
Subdivisi
Artikel utama: Distrik di Timor Timur , Kecamatan Timor Timur , dan Suco Timor Timur
Timor Timur dibagi menjadi tiga belas distrik administratif. Distrik-distrik dibagi lagi menjadi 65 kecamatan, 442 suco (desa) dan 2.225 aldeia (dusun). [25]
Sebuah peta yang dapat diklik Timor Timur menunjukkan 13 nya distrik administratif.


Geografi


Peta Timor Leste menunjukkan kota-kota dan jalan utama.
Artikel utama: Geografi Timor Timur


Tasitolu di Dili .
Terletak di Asia Tenggara, [26] Pulau Timor merupakan bagian dari Maritim Asia Tenggara , dan merupakan yang terbesar dan paling timur dari Kepulauan Sunda Kecil . Di sebelah utara pulau pegunungan adalah Selat Ombai , Selat Wetar dan semakin besar Laut Banda , ke selatan Laut Timor memisahkan pulau dari Australia, sedangkan di sebelah barat terletak Provinsi bahasa Indonesia dari Nusa Tenggara Timur . Gunung tertinggi Timor Timur adalah Tatamailau (juga dikenal sebagai Gunung Ramelau) pada 2.963 meter (9.721 kaki).
Timor Leste terletak di antara garis lintang 8 ° dan 10 ° S , dan bujur 124 ° dan 128 ° BT .
Iklim lokal adalah tropis dan umumnya panas dan lembab, yang ditandai dengan musim hujan dan musim kering yang berbeda. Ibukota, kota terbesar dan pelabuhan utama adalah Dili, dan kota kedua terbesar adalah kota timur Baucau .
Daerah paling timur Timor-Leste terdiri dari Range Paitchau dan Iralalaro daerah. Daerah ini merupakan kawasan konservasi pertama di Timor-Leste, Nino Konis Santana Taman Nasional . Ini berisi tersisa tropis kering kawasan hutan di dalam negeri. Ini host beberapa tanaman unik dan spesies hewan dan jarang penduduknya. [27] Pantai utara ditandai oleh sejumlah terumbu karang sistem yang telah ditentukan untuk menjadi beresiko. [28]
Ekonomi
Artikel utama: Ekonomi Timor Timur


Produksi kopi di kecamatan Timor Timur
Sebelum dan selama penjajahan, Timor terbaik dikenal dengan cendana .
Pada akhir 1999, sekitar 70% dari infrastruktur ekonomi Timor Timur dihancurkan oleh pasukan Indonesia [ rujukan? ] dan milisi anti-kemerdekaan, dan 260.000 orang melarikan diri ke arah barat. Dari tahun 2002 hingga 2005, program internasional yang dipimpin oleh PBB, diawaki oleh penasihat sipil, 5.000 pasukan penjaga perdamaian (8.000 pada puncaknya) dan 1.300 polisi, secara substansial direkonstruksi infrastruktur. Pada pertengahan-2002, semua kecuali sekitar 50.000 para pengungsi telah kembali.
Satu menjanjikan jangka panjang proyek adalah pengembangan bersama dengan Australia minyak bumi dan gas alam di sebelah tenggara perairan Timor. Pemerintahan kolonial Portugis memberikan konsesi pada Oceanic Exploration Perusahaan akan mengembangkan cadangan. Namun, hal ini kemudian dihentikan oleh invasi Indonesia pada tahun 1976. Sumber daya dibagi antara Indonesia dan Australia dengan Perjanjian Celah Timor pada tahun 1989. [29] Perjanjian itu pedoman yang ditetapkan untuk eksploitasi bersama sumber daya laut di daerah "celah" yang ditinggalkan oleh lalu-Timor Portugis di batas laut yang disepakati antara kedua negara pada tahun 1972. [30] Pendapatan dari area "bersama" itu harus dibagi 50% -50%. Woodside Petroleum dan ConocoPhillips memulai pengembangan beberapa sumber di Celah Timor atas nama kedua pemerintah pada tahun 1992.
Timor Timur diwariskan tanpa batas maritim permanen ketika mencapai kemerdekaan, menyangkal Perjanjian Celah Timor sebagai ilegal. Sebuah perjanjian sementara (yang Perjanjian Laut Timor yang ditandatangani ketika Timor Timur merdeka pada 20 Mei 2002) mendefinisikan Kawasan Pengembangan Minyak Bersama (JPDA), dan diberikan 90% dari pendapatan dari proyek yang ada di daerah itu ke Timor Timur dan 10% ke Australia . [31] Perkembangan baru pertama signifikan dalam JPDA sejak kemerdekaan Timor adalah sumber daya minyak bumi terbesar di Laut Timor, lapangan gas Sunrise yang lebih besar . Pemanfaatannya adalah subyek perjanjian terpisah pada tahun 2003 dan 2005. Hanya 20% dari lapangan terletak di dalam JPDA dan sisanya di perairan tidak tunduk pada perjanjian (meskipun diklaim oleh kedua negara). Perjanjian, awal sementara memberikan 82% dari pendapatan ke Australia dan hanya 18% ke Timor Timur. [32] [ dead link ]
Pemerintah Timor Timur telah berusaha untuk menegosiasikan batas yang pasti dengan Australia di garis tengah antara negara, sesuai dengan Konvensi PBB tentang Hukum Laut . Pemerintah Australia lebih suka membangun batas pada akhir lebar Australia landas kontinen , sesuai kesepakatan dengan Indonesia pada tahun 1972 dan 1991. Biasanya perselisihan seperti ini akan dirujuk ke Mahkamah Internasional atau Pengadilan Internasional untuk Hukum Laut untuk keputusan memihak, [33] tetapi pemerintah Australia telah menarik diri dari yurisdiksi internasional (hanya pada hal yang berhubungan dengan batas perairan) tak lama sebelum kemerdekaan Timor. [34] [35] Namun demikian, di bawah tekanan publik dan diplomatik, pemerintah Australia menawarkan bukan konsesi-menit terakhir pada yang lebih besar royalti Terbit lapangan gas saja. [36] Pada tanggal 7 Juli 2005, Perjanjian ditandatangani di mana kedua negara akan menyisihkan sengketa batas maritim, dan Timor Leste akan menerima 50% dari pendapatan (diperkirakan A $ 26 miliar atau sekitar US $ 20 miliar selama masa proyek) [37] dari pengembangan Greater Sunrise. Perkembangan lain dalam perairan yang diklaim oleh Timor Timur tetapi di luar JPDA (Laminaria-Corallina dan Buffalo) terus dieksploitasi secara sepihak oleh Australia, namun. [38]


Kecamatan menderita kelaparan pada November 2007
Pada tahun 2007, panen yang buruk menyebabkan kematian pada beberapa bagian Timor-Leste. Pada November 2007, sebelas kecamatan makanan masih dibutuhkan dipasok oleh bantuan internasional. [39]
Timor Timur juga memiliki industri kopi yang besar dan berpotensi menguntungkan, yang menjual kopi organik untuk berbagai Fair Trade pengecer dan di pasar terbuka. [ rujukan? ]
Saat ini tiga bank asing memiliki cabang di Dili: Australia ANZ , Portugal Banco Nacional Ultramarino , dan di Indonesia Bank Mandiri .
Ada hukum-hukum paten tidak ada di Timor Timur. [40]
Demografi


Seorang Timor dalam pakaian tradisional
Artikel utama: Demografi Timor Timur
Populasi Timor Timur adalah sekitar satu juta. Hal ini telah berkembang jauh saat ini, karena tingkat kelahiran yang tinggi, tetapi juga karena kembalinya pengungsi. [ rujukan? ] populasi ini terutama terkonsentrasi di daerah sekitar Dili.
Orang Timor disebut Maubere secara kolektif oleh beberapa organisasi politik mereka, nama yang awalnya menghina berubah menjadi nama kebanggaan oleh Fretilin . Mereka terdiri dari sejumlah kelompok etnis berbeda, yang kebanyakan adalah campuran Melayu-Polinesia dan Melanesia / Papua keturunan. Melayu-Polinesia kelompok etnis terbesar adalah Tetum [41] (atau bahasa Tetun) (100.000), terutama di pantai utara dan sekitar Dili, yang Mambae (80.000), di pegunungan tengah, sedangkan Tukudede (63.170), di daerah tersebut sekitar Maubara dan Liquiça , yang Galoli (50.000), antara suku Mambae dan Makasae , yang Kemak (50.000) di utara-tengah Pulau Timor, dan Baikeno (20.000), di daerah sekitar Pante Macassar . Suku-suku utama asal Papua terutama meliputi Bunak (50.000), di bagian tengah Pulau Timor, yang Fataluku (30.000), di ujung timur pulau dekat Lospalos , dan Makasae , ke arah ujung timur pulau. Selain itu, seperti lain mantan koloni Portugis di mana pernikahan antar-ras itu biasa, ada populasi kecil dari rakyat Timor campuran dan asal Portugis, yang dikenal dalam bahasa Portugis sebagai mestiços . Timor Timur mestiço paling terkenal secara internasional adalah José Ramos-Horta , juru bicara gerakan perlawanan di pengasingan, dan sekarang Presiden Timor Timur . Mário Viegas Carrascalão , gubernur yang ditunjuk di Indonesia antara 1987 dan 1992, juga sebuah mestiço. Timor Timur juga memiliki kecil Cina minoritas, yang kebanyakan adalah Hakka . Paling kiri setelah invasi Indonesia, dengan sebagian besar pindah ke Australia meskipun banyak Sino-Timor telah kembali, termasuk Pedro Lay, Menteri Infrastruktur.
Agama
Artikel utama: Agama di Timor Timur


Balide gereja, Dili
Setelah kemerdekaan, Timor Timur menjadi salah satu dari hanya dua yang didominasi Katolik Roma negara di Asia (bersama dengan Filipina ), meskipun bagian terdekat dari Indonesia juga memiliki mayoritas Katolik, termasuk Timor Barat dan Flores . Populasi terutama mengidentifikasi sebagai Katolik Roma (97%), meskipun lokal animisme tradisi memiliki pengaruh yang gigih dan kuat pada budaya. Jumlah gereja telah berkembang dari 100 pada tahun 1974 menjadi lebih dari 800 pada tahun 1994. [42] Kelompok minoritas agama termasuk Muslim (1%) (termasuk mantan Perdana Menteri Mari Alkatiri ) dan Protestan (1%) (termasuk Taur Matan Ruak , Komandan Falintil-FDTL ). Lebih kecil Hindu (0,5%), Buddha (0,1%) dan minoritas animis tradisional membentuk sisanya. [43] [44] [45] keanggotaan Gereja tumbuh jauh di bawah pemerintahan Indonesia, sebagai negara ideologi di Indonesia Pancasila tidak mengakui kepercayaan tradisional dan membutuhkan semua warga negara untuk percaya pada Tuhan. Meskipun perjuangan itu bukan tentang agama, sebagai lembaga yang mengakar lokal Gereja tidak hanya melambangkan perbedaan Timor Timur dari Indonesia mayoritas Muslim, tetapi juga memainkan peran penting dalam gerakan perlawanan, seperti yang dipersonifikasikan oleh Uskup Carlos Filipe Ximenes Belo , tahun 1996 Hadiah Nobel Perdamaian Nobel. [46] Konstitusi mengakui peran Gereja di antara rakyat Timor Timur meskipun juga menetapkan sebuah negara sekuler yang menjamin kebebasan beragama untuk semua orang.
Bahasa
Artikel utama: Bahasa Timor Timur


Terbesar bahasa kelompok di suco Timor Timur.
Dua Timor Timur bahasa resmi adalah Portugis dan Tetum , yang termasuk Austronesia keluarga bahasa yang dipakai di seluruh Asia Tenggara. [47] Bentuk dominan bahasa Tetum, yang dikenal sebagai bahasa Tetun-Dili, tumbuh dari dialek disukai oleh penjajah di Dili , dan tentunya memiliki pengaruh Portugis yang cukup besar, tetapi dialek lain dari bahasa Tetum juga banyak digunakan di negeri ini, termasuk Tetun-terik yang diucapkan sepanjang pantai barat daya. bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ditetapkan sebagai bahasa kerja menurut Konstitusi dalam Ketentuan Penutup dan Transisi, tanpa menetapkan tanggal akhir. Lain bahasa pribumi lima belas sehari hari: Bekais , Bunak, Dawan , Fataluku , Galoli, Habun , Idalaka , Kawaimina , Kemak, Lovaia , Makalero , Makasai , Mambai , Tokodede , dan Wetarese .
Di bawah pemerintahan Indonesia, penggunaan Portugis dilarang, tapi itu digunakan oleh perlawanan klandestin, terutama dalam berkomunikasi dengan dunia luar. [ rujukan? ] Bahasa yang, bersama dengan bahasa Tetum, mendapat perhatian sebagai simbol perlawanan dan kebebasan dan diadopsi sebagai salah satu dari dua bahasa resmi untuk alasan ini, dan sebagai penghubung ke negara-negara di bagian lain dunia. Saat ini mulai diajarkan dan dipromosikan secara luas dengan bantuan Brasil , Portugal, dan Uni Latin , meskipun menonjol di bidang resmi dan publik telah bertemu dengan permusuhan dari beberapa muda Indonesia berpendidikan Timor. [ rujukan? ]
Menurut Laporan Pembangunan PBB 2006 (menggunakan data dari sensus resmi), di bawah 5% [48] dari penduduk Timor adalah mahir dalam bahasa Portugis. Namun, validitas laporan ini telah dipertanyakan oleh anggota Timor National Institute of Linguistics, [49] yang menyatakan bahwa Portugis diucapkan hingga 25% dari orang Timor, dengan jumlah penutur lebih dari dua kali lipat dalam lima tahun terakhir [. rujukan? ] Seiring dengan bahasa lokal lainnya, Tetum tetap cara yang paling umum komunikasi antara Timor biasa, sedangkan bahasa Indonesia masih banyak digunakan di media dan sekolah dari SMA hingga perguruan tinggi. Sebagian besar kata dalam bahasa Tetum berasal dari Portugis, tetapi juga berbagi banyak Melayu yang diturunkan dari kata-kata dengan bahasa Indonesia. Banyak kata-kata bahasa Indonesia masih umum digunakan dalam bahasa Tetum dan bahasa Timor lain, khususnya angka.
Timor Leste merupakan anggota Komunitas Negara-Negara Berbahasa Portugis (CPLP), juga dikenal sebagai Lusophone Persemakmuran, dan anggota Uni Latin. Ini adalah satu-satunya negara independen di Asia dengan Portugis sebagai bahasa resmi, meskipun hal ini juga salah satu bahasa resmi Cina Daerah Istimewa Administrasi dari Makau .
Pendidikan
Sekitar setengah populasi orang dewasa buta huruf. [50] Buta huruf adalah lebih tinggi pada wanita. [51] Buta Aksara adalah sebesar 90% pada akhir kekuasaan Portugis [ rujukan? ]. Pada tahun 2006, 10-30% dari sekolah dasar anak-anak usia tidak bersekolah. [51] Negara ini memiliki Universitas Nasional Timor Timur . Bahasa Indonesia memainkan peran yang cukup besar dalam pendidikan [ rujukan? ]. Sejak kepergian Portugis, sekolah telah meningkat dari 50 sampai lebih dari 800. Ada juga 4 perguruan tinggi. [42]
Kesehatan
Harapan Hidup berada di 60,7 pada tahun 2007. [50] Tingkat kesuburan di enam kelahiran per perempuan. [50] harapan hidup sehat pada saat lahir adalah 55 tahun pada tahun 2007. [50] Pemerintah pengeluaran untuk kesehatan berada di US $ 150 (PPP) per orang pada tahun 2006. [50] Banyak orang di Timur kurangnya air minum Timor aman. [51] Ada dua rumah sakit dan fasilitas kesehatan desa 14 tahun 1974. Pada tahun 1994 ada 11 rumah sakit dan 330 pusat kesehatan. [42]
Pada bulan Juni 2011, United Nations Population Fund merilis sebuah laporan tentang Negara Kebidanan Dunia . Isinya data baru pada tenaga kerja kebidanan dan kebijakan yang berkaitan dengan angka kematian bayi dan ibu untuk 58 negara. The 2010 Angka kematian ibu per 100.000 kelahiran bagi Timor-Leste 370. Ini dibandingkan dengan 928,6 pada tahun 2008 dan 1016,3 pada tahun 1990. Di bawah 5 angka kematian per 1.000 kelahiran adalah 60 dan kematian neonatal sebagai persentase kematian di bawah 5 adalah 48. Tujuan laporan ini adalah untuk menyoroti cara di mana Tujuan Pembangunan Milenium dapat dicapai, terutama Tujuan 4 - Menurunkan angka kematian anak dan Tujuan 5 - meningkatkan kematian ibu. Di Timor-Leste jumlah bidan per 1.000 kelahiran hidup adalah 8 dan 1 dari 44 menunjukkan risiko seumur hidup dari kematian untuk ibu hamil. [52]
Budaya
Artikel utama: Budaya Timor Timur
Budaya Timor Timur mencerminkan pengaruh banyak, termasuk Portugis, Katolik Roma, dan Malaysia, pada adat Austronesia dan Melanesia budaya Timor. Legenda mengatakan bahwa seekor buaya raksasa berubah menjadi pulau Timor, atau Pulau Buaya, seperti yang sering disebut. Timor budaya yang banyak dipengaruhi oleh Austronesia legenda, meskipun pengaruh Katolik juga kuat. Ada tradisi yang kuat dari puisi. Perdana Menteri Xanana Gusmao, misalnya, adalah penyair terkemuka. Adapun arsitektur, beberapa bergaya Portugis bangunan dapat ditemukan, bersama dengan rumah-rumah totem tradisional dari wilayah timur. Ini dikenal sebagai uma lulik (rumah suci) dalam bahasa Tetum, dan lee teinu (rumah dengan kaki) di Fataluku. Craftsmanship is also widespread, as is the weaving of traditional scarves or tais .
Sports
Main article: Sport in East Timor
East Timor has joined many international sport associations, including the International Olympic Committee (IOC). The IOC board has granted full recognition to the East Timorese Olympic Committee (COTL). The IOC had allowed a mainly symbolic four-member team to take part in the 2000 Sydney Games under the Olympic flag as "Independent Olympic Athletes." The Federação de Timor-Leste de Atletismo has joined the International Association of Athletics Federations (IAAF). The Federação de Badminton de Timor-Leste joined the International Badminton Federation (IBF) in April 2003. The East Timor Cycling Federation has joined the Union Cycliste Internationale . The Confederação do Desporto de Timor Leste has joined the International Weightlifting Federation. East Timor is also a full member of the International Table-Tennis Federation (ITTF). In September 2005, East Timor's national football team joined FIFA .
East Timor has taken part in several sporting events. Although the athletes came back with no medals, East Timorese athletes had the opportunity to compete with other Southeast Asian athletes in the 2003 Southeast Asian Games held in Vietnam in 2003. In the 2003 ASEAN Paralympics Games, also held in Vietnam, East Timor won a bronze medal. In the Athens 2004 Olympic Games , six athletes participated in three sports: athletics, weightlifting and boxing). East Timor won three medals in Arnis at the 2005 Southeast Asian Games . East Timor was also one of the competing nations in the first Lusophony Games , winning a bronze medal in the women's volleyball competition (finishing third out of three teams), despite the fact the team had lost all its three games. On October 30, 2008, East Timor earned their first international points in a FIFA match with a 2–2 draw against Cambodia. [ 53 ]
Public holidays

0 komentar:

Posting Komentar